Cerita Yamaha RX-King Dikenal Sebagai Motor Jambret, Polisi Sampai Dibikin Pusing
Yamaha RX-King punya sebutan kondang lain ialah 'motor jambret' atau 'motor maling'.
Tak sekedar nama, ternyata konotasi itu memang benar terjadi di mana Yamaha RX-King pernah acap kali diterapkan menjalankan aksi kezaliman.
Bahkan di era 1990-an, di bilik-bilik mesin ATM sering kali ditempelkan artikel yang isinya, waspadailah RX-King yang nongkrong di sekitar lokasi.
Ngeri ya, terbukti image RX-King segitu seremnya.
Sekitar tahun 1996, memang kerap terjadi aksi penodongan, perampasan, juga penjambretan yang menyasar nasabah bank.
Dan hampir seluruh pelakunya naik Yamaha RX-King.
WL salah seorang pelaku yang tak jarang mengerjakan operasinya di wilayah Pulo Mas, Jakarta Timur dan sekitarnya mengaku, saat beraksi dia leluasa menunggangi RX-King.
Tak ada perasaan waswas tertangkap.
Kalau pakai motor lain kemungkinan gagal dibekuk polisi sungguh-sungguh besar.
"Pakai RX-King, rasanya aman dari kejaran," bilang WL, dikutip daro tabloid OTOMOTIF edisi N0.31/VI SENIN 09 DESEMBER 1996.
Ceritanya, tiap-tiap kali insiden perampasan uang, joki RX-King telah siap membawa melarikan diri oknumnya.
Polisi pun tak bisa bertindak banyak mengejarya.
"Jokinya, telah hafal betul dengan situasi jalan yang bakal dilewati, kami sering kewalahan, meski mengaplikasikan motor yang sama," ujar salah satu anggota URC (Unit Tanggapan Cepat) yang ogah disebut namanya.
Hanya, si URC bercerita, betul-betul mudah mengenali ciri-ciri pengendara RX-King yang lazim menggigit mangsa.
Mereka, punya ciri khas.
Kecuali cat motor benarbenar hitam, pakaiannya malahan serbagelap.
Helm hitam, baju hangat hitam, celana hitam dan sepatu hitam.
Soal tempelan peringatan di bilik-bilik ATM tadi juga dakui oleh Kaditlantas Polda Metro Jaya, yang ketika itu dijabat oleh Kolonel (Pol) Drs. Ansyar Roem.
Katanya, itu hasil koordinasi dengan Kaditserse Polda Metro Jaya dalam menanggulangi kezaliman, kekerasan dan perampokan bank.
"Kami yang melacaknya," tegas Ansyar.
"Dari laporan Mabes Polri tiap tahun, kriminal yang disokong RX-King sangat menonjol," imbuh Ansyar.
Karakter Yamaha RX-King Pantas
Kehebatan RX-King meliuk di antara keramaian lalu lintas memang tersirat dari wataknya.
Selain disupport mesin yang dicipta ngotot berlari di putaran bawah, juga didorong rangka kokoh namun fleksibel.
"Wah, lincah meliuk, mudah dikebut dan tak pernah rewel," kata WL yang senantiasa beroperasi naik RX-King lansiran 1994.
Karakter kuda besi ini dari tahun ke tahun tidak pernah berubah secara mencolok.
Diawali bodi dan rangka double cradle yang tetap klasik, namun modelnya tidak pernah ketinggalan.
Teladan, setang yang dicipta lebih tegak, "Adalah posisi yang paling tepat buat postur konsumen lokal," bilang Woso, bagian R&D Yamaha di era itu.
Posisi setang yang tegak ini, merupakan perkawinan sudut kemudi 27° dan jarak trial 91 mm.
Artinya, posisinya lebih tegak dibanding Yamaha RZ-R yang mempunyai sudut kemudi 27,5° dan trial 94 mm.
Alhasil jikalau keduanya diadu di keramaian, RX-King lebih gampang dikuasai.
Perbedaan lainnya, sumbu roda yang lebih pendek 55 mm ketimbang RZ-R yang panjangnya menempuh 1.300 mm, menyebabkan liukannya lebih agresif menyalip.
Apalagi, didorong jarak ground clearance yang hanya 160 mm dibanding RZ-R berjarak 175 mm.
Ditambah lagi dengan muatannya yang cuma 100 kg, sesuai saja apabila RX-King mudah dikontrol.
Berdasarkan M Ichsan Iskandar yang di era itu berprofesi di divisi servis Yamaha , watak rangka lincah itu, masih didorong spesifikasi mesin yang khusus mendongkrak putaran bawah.
Sebab itu, diameter silinder dan langkah piston dibikin timpang.
Artinya, sedangkan kapasitas mesinnya sama dengan RZR, toh langkah piston 50 mm dan diameter silinder 58 mm yaitu perbedaan mencolok.
"Daripada RZ-R yang menganut langkah piston 56 mm kali diameter silinder 54 mm," kata Ichsan.
Disokong perbandingan kompresi 6,9:1 dan kekuatan maksimum 18,5 dk/9.000 rpm, plus torsi 1,54 kgm pada putaran 8.000 rpm, langkah piston pendek makin menjadi-jadi.
Bayangin aja, dari 0-100 meter RX-King cuma butuh waktu lima detik.
"Meski kalau RZR dapat butuh tujuh detik untuk 0-100 meter," imbuh Ichsan.
Karena kencang akselerasi awal itu, RX-King jadi modal membawa kabur penjahat.
Apa cerita RX-King, saking seringnya diberitakan di media cetak ataupun elektronik, pamor motor ini konsisten bertahan di papan atas.
Jangan heran, tiap-tiap priode, jumlah yang dirakit plus dipasarkan terus membengkak.
Di tahun 1996 tiap-tiap bulan RX-King terjual sekitar 5.200 unit.
sumber:https://www.gridoto.com/read/222488213/otojadul-cerita-yamaha-rx-king-dikenal-sebagai-motor-jambret-polisi-sampai-dibikin-pusing?page=all